JudulPerilaku Konsumen Dalam Pembelian Daging Sapi Di Pasar Tradisional Kabupaten Donggala (studi Kasus Pasar Ganti) |
Nama: SUGIARTO ARIS MUNANDAR |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Keputusan konsumen membeli daging sapi dipengaruhi oleh macam atribut penyediaan daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Donggala. Konsumen menginginkan daging sapi sesuai dengan preferensinya.Dua faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian yaitu faktor internal dan faktor eksternal (Assael, 1992.).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian daging sapi di Pasar Tradisonal Kabupaten Donggala. Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Ganti pada bulan september-oktober 2019. Metode penelitian dilakukan dengan survey dan wawancara.Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling (sengaja) dan untuk menentukan jumlah responden sebagai sampel menggunakan rumus slovin n N/(1+?Ne?^2 )sebanyak 60 konsumen sebagai responden. Analisis yang digunakan adalah Analisis Multiatribut dan Analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya indeks sikap responden sehingga dapat diketahui bahwa atribut yang dipertimbangkan oleh responden dalam pembelian daging sapi berturut-turut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah warna, bagian daging, dan kandungan lemak. Dan hasil analisis faktor-faktor menunjukkan bahwa dari keseluruhan variabel yang berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen dalam pembelian daging sapi di pasar tradisional kabupaten donggala yaitu harga daging sapi, pendapatan, anggota keluarga, umur dan jenis kelamin. Kata kunci : Perilaku Konsumen, Daging Sapi, Pasar Tradisional |