JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA ABON DAGING SAPISTUDI KASUS INDUSTRI RUMAH TANGGA"RAJA BAWANG"DIKELURAHAN BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN DIKOTA PALU |
Nama: Nurtatiah |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Industri Raja Bawang merupakan salah satu usaha yang memproduksi Abon daging sapi, industri ini bertempat di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 33 Kota Palu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi Industri Raja Bawang dalam strategi pemasaran abon daging sapi, menganalisis strategi pemasaran abon daging sapi pada Industri Raja Bawang.Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 2,882 dengan skor kekuatan 1,523 dan skor kelemahan sebesar 1,359. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan pada Industri Raja Bawang lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh EFAS, yaitu sebesar 1,839 dengan skor peluang 1,080 dan skor ancaman sebesar 0,758. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki oleh Industri Raja Bawang lebih besar dari faktor ancaman . Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal strategi pemasaran Abon Daging Sapi sebagai sumbu X yaitu 0,164 sedangkan faktor eksternal pada Industri Raja Bawang sebagai sumbu Y yaitu 0,321. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi usaha Abon Daging Sapi pada Industri Raja Bawang saat ini pada kuadran I, dimana pada posisi tersebut merupakan posisi yang menguntungkan bagi industri karena industri dapat menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Kata Kunci: Analisis SWOT, strategi pemasaran, abon daging sapi. |