Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN AYAM KAMPUNG LOKAL (STUDI KASUS) USAHA PETERNAKAN P4S UNGGUL SEJATI DESA MPANAU KECAMATAN SIGI BIROMARU
Nama: NURSAFITRI
Tahun: 2019
Abstrak
Nursafitri (O12114 190). Strategi Pemasaran Ayam Kampung Lokal (Studi kasus) Usaha Peternakan P4S Unggul Sejati Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, (Marhaeni dan Afandy 2019). Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain.Persaingan yang semakin ketat dalam memperebutkan pasar serta keinginan perusahaan untuk melakukan analisis strategi pemasaran yang sesuai untuk mengetahui permasalahan tersebut dengan berbagai tahapan dan alat analisis yang ada dalam strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal serta merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat dijalankan dimasa yang akan datang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah studi kasus. Penentuan responden dilakukan secara sengaja yakni 1 orang pimpinan perusahaan dan 3 karyawan. Jenis dan sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah matrik EFE ( Eksternal Factor Evaluation), matrik IFE (Internal factor evaluation), matrik IE (Internal-Eksternal) dan matrik SWOT (Strenghts, weaknesses, opportunities, and threats). hasil menunjukkan bahwa strategi pemasaran P4S Unggul sejati sudah kuat berdasarkan analisi IFE dan analisi EFE hal ini berarti perusahaan telah mampu menggunakan kekuatan produk yang berkualitas dan kemasaan yang menarik perusahaan untuk mengatasi kelemahan yang ada dan mampu merespon dengan baik faktor eksternal dengan memanfaatkan peluang mudahnya produk diterima dipasaran dan harga daging ayam yang stabil untuk mengatasi ancaman perusahaan yang ada. Berdasarkan hasil dari matrik IE posisi P4S Unggul Sejati berada pada kuadran V, pada posisi ini perusahaan harus lebih gencar meningkatkan pangsa pasar dengan melakukan promosi yang lebih giat dan menambah karyawan untuk memperluas wilayah pemasaran dan distribusi. Kata kunci : matrik EFE, matrik IFE, matrik SWOT, dan matrik IE.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up