Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET BERLEBIH TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH NEGRI 26 PALU
Nama: NUR AZIZAH
Tahun: 2025
Abstrak
Latar belakang: Gadget adalah perangkat elektronik berukuran kecil yang memiliki beragam fitur canggih, termasuk berbagai merek ponsel dan notebook, terutama dalam mendukung akses internet. Kehadiran gadget membawa berbagai inovasi terbaru yang mempermudah komunikasi serta membantu individu dalam mengakses dan memperoleh informasi dengan lebih cepat dan efisien. Salah satu fenomena baru yang muncul selama anak menggunakan gadget adalah munculnya kasus gadget addicted. Jumlah kasus kecanduan gadget mengalami peningkatan yang cukup siginifikan selama anak belajar dari rumah. Tidak dapat dipungkiri bahwa kasus kecanduan gadget merupakan salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi. Penggunan gadget dapat mempengaruhi pada prestasi belajar pada anak sekolah dasar karena pertumbuhan dan peerkembangan mulai dari bayi sampai lanjut usia memiliki pemahaman yang berbeda. Pada zaman sekarang anak sekolah dasar sering main gadget dan orang tua kurang memberikan perhatian kepada anaknya sehingga prestasi belajar menurun.Tujuan: Teridentifikasi apakah terdapat Hubungan antara Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 26 Palu. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Uji statistik chi square, derajat kemaknaan p=<0,05. Sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling berjumlah 40 Anak. Hasil: Terdapat hubungan antara penggunaan gadget berlebih dengan prestasi belajar pada anak siswa-siswi kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 26 Palu. P-value <0,039. Kesimpulan: Penggunaan gadget berlebih memilki hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Penggunaan gadget dan Prestasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up