Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tora Belo Kabupaten Sigi
Nama: NINING FITRA HANDAYANI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Nining Fitra Handayani. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tora Belo Kabupaten Sigi (di bawah bimbingan Bertin Ayu Wandira) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Februari 2020 Rumah Sakit sebagai institusi penyelenggara pelayanan kesehatan yang kompleks memiliki kemampuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan baru sehingga tujuan pemasaran tercapai dengan tetap mengedepankan prinsip pelayanan. Bauran pemasaran terdiri dari 8P yaitu Product, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Productivity and Quality, dan Public Relation. Rumah Sakit Umum Daerah Tora Belo merupakan satu-satunya Rumah Sakit yang ada di wilayah Kabupaten Sigi dimana jumlah kunjungan pasien di unit rawat inap mengalami penurunan pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran (marketing mix) dengan loyalitas pasien di unit rawat inap RSUD Tora Belo Kabupaten Sigi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Jumlah sampel sebanyak 94 responden. Teknik pengambilan sampel secara Proportional Random Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan nilai p ? 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan bauran pemasaran product (p=0,023), place (p=0,017), promotion (p=0,039), people (p=0,033), process (p=0,006), physical evidence (p=0,002), productitvity and quality (p=0,011), public relation (p=0,035) dengan loyalitas pasien di unit rawat inap RSUD Tora Belo. Diharapkan pihak Rumah Sakit dapat menata kembali taman Rumah Sakit dan dapat menjaga kebersihan lingkungan agar pasien menjadi nyaman. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up