Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DENGAN LOYALITAS PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD)UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH
Nama: HAPSA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK HAPSA. HubunganBauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Provinsi Sulawesi Tengah (di bawah bimbingan Muh Rizki Ashari). Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Juni, 2019 Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, dilandasi perbaikan mutu pelayanan secara berkesinambungan serta adanya manajemen pemasaran yang aktif. Bauran pemasaran terdiri dari 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah merupakan rumah sakit rujukan dimana jumlah kunjungan pasien umum di unit rawat inap mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir hal ini mengindikasikan adanya loyalitas pasien menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (marketing mix) dengan loyalitas pasien di unit rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD) Undata Provinsi Sulawesi Tengah.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi adalah semua pasien rawat inap RSUD Undata yang berjumlah 1.255 teknik pengambilan sampel secara proportional stratified sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis univariat dan bivariat dengan nilai p ? 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada hubungan bauran pemsaran product (p=0,000), price (p=0,002), place (p=0,001), promotion (p=0,000), people (p=0,000), process (p=0,000), physical evidence (p=0,018) dengan loyalitas pasien di unit rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD) Undata Palu.Diharapkan RSUD Undata Palu lebih meningkatkan kualitas bauran pemasarannya dalam profesionalitas SDM, kecepatan layanan dan kualitas fisik dan peralatan rumah sakit. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up