Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulBudaya Kualitas Di Puskesmas Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara Kabupaten Poso
Nama: ILSYAH ABDUH SYAFAAT LATIMUMU
Tahun: 2020
Abstrak
Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dalam upaya menerapkan standar pelayanan manajemen mutu antara lain dengan implementasi Sistem Management Mutu Akreditasi Puskesmas. Data dari Puskesmas Lawanga menunjukkan terjadinya penurunan jumlah kunjungan pasien dari tahun 2016 ke 2017 sebanyak 4759 orang. Masalah dalam penelitian yaitu faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan jumlah kunjungan tersebut dan melihat gambaran budaya kualitas di Puskesmas Lawanga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran budaya kualitas di Puskesmas Lawanga kecamatan poso kota utara kabupaten poso. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data indepth interview. Informan penelitian sebanyak 8 informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil menunjukan bahwa, Top management support for quality sudah baik, Strategic planning for quallity masih bermasalah di renstra, Costumer focus masih bermasalah di rangkap tugas, Quality Training sudah baik, Recognition masih bermasalah di pemberian penghargaan/balas jasa, Empowerment and involvement masih bermasalah di kepatuhan staf, Quality improvement teamwork sudah baik, Measurement and analysis sudah cukup baik, dan Quality Assurance sudah cukup baik namun masih belum maksimal pada struktur organisasi tim audit internal. Saran kepada pihak Puskesmas agar memperbaiki manajemen dan standar yang sesuai dengan budaya kualitas dan standar akreditasi Puskesmas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up