| JudulHUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA DENGAN MINAT MEMANFAATKAN KEMBALI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) UNDATA PALU |
| Nama: Rangers |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak ABSTRAK RANGERS. Hubungan Kualitas Pelayanan dan Citra dengan Minat Memanfaatkan Kembali Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu (di bawah bimbingan Muh. Ryman Napirah) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Skripsi, April 2019 Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan atau masyarakat maupun swasta yang berfungsi untuk pelayanan kesehatan. Sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di Sulawesi Tengah, RSUD Undata Palu memiliki jumlah kunjungan pasien rawat inap dalam 3 tahun terakhir sebanyak 1.885 pasien pada tahun 2015, 1.522 pasien pada tahun 2016 dan berjumlah 1.200 pasien pada tahun 2017. Berdasarkan data tersebut terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien rawat inap yang siginifikan sehingga diperlukannya peningkatan dari segi kualitas pelayanan dan citra agar pasien bersedia memanfaatkan kembali RSUD Undata Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan citra dengan minat memanfaatkan kembali Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 96 orang, pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara realibility (kehandalan) (p=0,000), responsiveness (daya tanggap) (p=0,000), assurance (jaminan) (p=0,000), empathy (empati) (p=0,004), tangibles (bukti fisik) (p=0,001) dan citra (p=0,000) dengan minat memanfaatkan kembali Ruang Rawat Inap RSUD Undata Palu. Diharapkan agar pihak rumah sakit dapat meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Undata Palu. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra, Minat Memanfaatkan Kembali |