Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDIMENSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA POLIKLINIK LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A PALU
Nama: IVEL VALERIAN
Tahun: 2019
Abstrak
Pelayanan narapidana adalah pelayanan yang berkaitan dengan pelaksanaan hak-hak dan kewajiban narapidana berupa perawatan, pembinaan, pendidikan dan bimbingan.Pelayanan kesehatan pada Poliklinik Lapas Kelas II A Palu belum memiliki izin praktek kesehatan serta baru memiliki 5 tenaga perawat dan 1 tenaga dokter gigi.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui mutu pelayanan pada Poliklinik Lapas Kelas II A Palu.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey deskriptif.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung di Poliklinik sebanyak 120.Pengambilan sampel menggunakan metodeAccidental Sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian dari dimensi reliability (kehandalan) 86,7% responden menyatakan baik dan 13,3% responden menyatakan kurang baik, dari dimensi responsiveness (ketanggapan) 88,3% responden menyatakan baik dan 11,7% responden menyatakan kurang baik, dari dimensi assurance (jaminan) 85% responden menyatakan baik dan 15% responden menyatakan kurang baik, dari dimensi empathy (empati) 94,2% responden menyatakan baik dan 5,8% responden menyatakan kurang baik, dan dari dimensi tangible (bukti fisik) 90,8% responden menyatakan baik dan 9,2% responden menyatakan kurang baik. Kesimpulan penelitian, dari mutu pelayanan pada Poliklinik Lapas Kelas II A Palu berdasarkan model SERVQUAL dapat dikatakan baik.Saran yaitu agar tetap mempertahankan dan meningkatkan lagi mutu pelayanan dari masing-masing dimensi mutu sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasien.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up