Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DENGAN LOYALITAS PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA PALU
Nama: EKA DARNI RISTANTI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Eka Darni Ristianti. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Palu (di bawah bimbingan Muh. Ryman Napirah) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Mei 2019 Masalah yang sering dihadapi secara umum oleh rumah sakit adalah belum mampu memberikan sesuatu hal yang benar-benar diharapkan pengguna jasa. Faktor utama tersebut karena strategi pemasaran atau marketing mix rumah sakit kurang baik sehingga pelayanan yang diberikan berkualitas rendah dan dapat mempengaruhi loyalitas pasien. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh masalah bahwa data jumlah kunjungan pasien lama maupun pasien baru menurun dari tahun 2016-2017, dan juga untuk nilai BOR, LOS, dan TOI juga menurun dan tidak mencapai standar yang seharusnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (marketing mix) dengan loyalitas pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan study cross sectinal, pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan ? = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan product (produk) (p=0,004), price (harga) (p=0,008), place (tempat) (p=0,001), promotion (promosi) (p=0,003), people (orang) (p=0,002), process (proses) (p=0,009), physical evidence (penampilan fisik) (p=0,005), productivity and quality (produktivitas dan kualitas) (p=0,007), dan public relation (hubungan masyarakat) (p=0,001) dengan loyalitas pasiendi unit rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Diharapkan pihak rumah sakit dapat meningkatkan serta mempertahankan kualitas pelayanan dari segi strategi pemasaran yang ada di Rumah sakit Bhayangkara Palu. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up