JudulPEMBUATAN DAN VALIDASI VIDEO PEMBELAJARAN METODE BEDSIDE TEACHING DENGAN PENDEKATAN MODEL SNAPPS |
Nama: MUHAMMAD AFIF SHOLEH LAPPI |
Tahun: 2024 |
Abstrak PEMBUATAN DAN VALIDASI VIDEO PEMBELAJARAN METODE BEDSIDE TEACHING DENGAN PENDEKATAN MODEL SNAPPS Muhammad Afif Sholeh Lappi1, Christin Rony Nayoan2, Vera Diana Towidjojo3, Nur Syamsi4 1Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako 2Departemen THT-KL, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako 3Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako 4Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ABSTRAK Latar Belakang: Media pembelajaran mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap proses pembelajaran. Diantara berbagai media pembelajaran, video pembelajaran dinilai paling efektif dan dinamis, terutama untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa kedokteran. Dalam pendidikan kedokteran, berbagai metode pembelajaran digunakan untuk membantu mahasiswa memperoleh keterampilan klinis diantaranya yaitu Metode bedside teaching dan model SNAPPS dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan klinis. Tujuan: Untuk menghasilkan dan memvalidasi video pembelajaran metode bedside teaching dengan pendekatan Model SNAPPS Metode: Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan video pembelajaran metode bedside teaching dengan pendekatan model SNAPPS. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan lembar validasi kepada subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai validitas dan mencocokkan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil: Pembuatan video pembelajaran melalui 3 tahapan mulai dari tahap pra produksi, tahap produksi, serta tahap pasca produksi yang kemudian telah divalidasi dan mendapatkan nilai >70 ?ngan interpretasi validitas tinggi. Kesimpulan: Pembuatan video pembelajaran metode bedside teaching dengan pendekatan model SNAPPS menghasilkan video pembelajaran yang berdurasi 13 menit 2 detik dan telah dinyatakan layak digunakan Kata Kunci: Video pembelajaran, Metode Bedside Teaching, Model SNAPPS |