Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFAKTOR PENYEBAB KECEMASAN TERHADAP UJIAN BLOK Computer Based Test (CBT) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO ANGKATAN
Nama: MUHAMMAD ARAFAH MAJID
Tahun: 2025
Abstrak
FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN TERHADAP UJIAN BLOK COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO ANGKATAN 2023 Muhammad Arafah Majid1, Jane Mariem Monepa2, Muthia Aryuni2, Rahma Badaruddin3 1 Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako 2Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako 3Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako ABSTRAK Latar belakang: Kecemasan terhadap ujian blok Computer-Based Test (CBT) merupakan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Universitas Tadulako, khususnya angkatan 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penyebab kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian blok CBT. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2023 dalam menghadapi ujian blok CBT. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan non-eksperimental bersifat observasional dengan metode korelasional. Desain penelitian berupa survey research design dengan teknik total sampling, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi daftar pertanyaan untuk dijawab oleh responden. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa tiga faktor utama, yaitu jumlah materi, waktu belajar, dan regulasi diri, secara signifikan memengaruhi tingkat kecemasan mahasiswa (p < 0,001). Analisis hubungan menunjukkan bahwa jumlah materi yang tinggi dan waktu belajar yang terbatas berkorelasi positif dengan peningkatan kecemasan, sedangkan regulasi diri yang baik dapat menurunkan tingkat kecemasan. Mayoritas responden (42,3%) mengalami kecemasan sedang, sementara 26,4?rada pada tingkat kecemasan sedang. Kesimpulan: Penelitian ini mengindikasikan pentingnya pengelolaan waktu belajar yang efektif, pengurangan beban materi, serta pengembangan regulasi diri dalam upaya menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian blok CBT Kata kunci: kecemasan, ujian blok, Computer Based Test (CBT), jumlah materi, regulasi diri, waktu belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up