JudulHUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD KOTA PALU TAHUN 2024 |
Nama: MOH. FIRGIAWAN LISTIANTO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Latar Belakang: Anak-anak di Indonesia menghadapi masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Status gizi berperan penting dalam mendukung perkembangan fisik dan kognitif siswa, yang berpengaruh pada prestasi belajar. Masalah gizi, baik kurang maupun lebih, masih menjadi tantangan di Indonesia, termasuk di Kota Palu. Anak dengan status gizi kurang cenderung mengalami kesulitan belajar, sementara gizi berlebih juga berdampak negatif. Tujuan: Mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa di SD Kota Palu tahun 2024 Metode: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar (SD) di Kota Palu pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional. Data primer diperoleh melalui pengukuran indeks massa tubuh menurut umur (IMT/U), sementara data sekunder diambil dari nilai rata-rata sumatif siswa kelas 4-5 di SD Inpres Duyu dan SDN 15 Palu. Sebanyak 158 siswa yang memenuhi kriteria inklusi menjadi responden dalam penelitian ini Hasil: Hasil analisis data yang telah menggunakan chi-square didapatkan hasil p-value 0.000 (<0.005), Mayoritas siswa dengan status gizi normal (50,6%) memiliki prestasi belajar baik (82,4%). Sebaliknya, siswa dengan status gizi buruk (12,7%) dan kurang (31,6%) cenderung memiliki prestasi belajar kurang. Siswa dengan gizi lebih (8,2%) dan obesitas (9,5%) juga menunjukkan prestasi belajar rendah. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa di SD Kota Palu Tahun 2024. Kata Kunci: Status Gizi, Prestasi Belajar, IMT |