JudulANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: ANGELINE MONICA SIMAREMARE |
Tahun: 2024 |
Abstrak Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Kepuasan adalah perasan senang atau tidak kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil dengan harapan. Kepuasan pasien merupakan penilaian terhadap baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapannya. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Undata Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Undata. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 sampel dengan uji Fisher’s Exact Hasil: Hasil pada penelitian didapatkan dimensi kehandalan nilai p-value 0,003, ketanggapan nilai p-value 0,000, jaminan nilai p-value 0,001, empati nilai p-value 0,040, dan bukti fisik nilai p-value 0,191. Tingkat kepuasan pasien 98%. Kesimpulan: Terdapat hubungan pada dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dengan tingkat kepuasan pasien, sedangkan pada dimensi bukti fisik tidak terdapat hubungan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan; Kepuasan Pasien |