JudulPengaruh Media Flashcard Digital Berbasis Aplikasi Quizlet Terhadap Hasil Belajar Anatomi |
Nama: FARIDAH SEPTIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Latar Belakang: Anatomi merupakan ilmu dasar dalam pendidikan kedokteran yang masih dianggap sebagai materi yang sulit untuk dipahami oleh sebagian besar mahasiswa kedokteran. Pemanfaatan media pembelajaran diharapkan dapat mempermudah proses belajar sebagai upaya memahami materi pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi Quizlet hadir sebagai salah satu media pembelajaran berbasis aplikasi yang cocok digunakan di berbagai tingkat pendidikan serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui laptop maupun smartphone. Aplikasi Quizlet memiliki fitur Flashcard yang dapat membantu mahasiswa untuk belajar mengingat materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flashcard digital berbasis aplikasi Quizlet terhadap hasil belajar anatomi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian dipilih dengan teknik total sampling. Sampel penelitian berjumlah 159 orang yang terdiri dan laki-laki dan perempuan yang merupakan mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang lebih signifikan pada hasil belajar anatomi kelompok eksperimen sebesar 39,72 dibandingkan dengan rata-rata pada hasil belajar anatomi kelompok kontrol sebesar 34,48. Nilai ini mengalami peningkatan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pengaruh media flashcard digital berbasis aplikasi Quizlet terhadap hasil belajar anatomi mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022. Kata Kunci: Quizlet, Flashcard, Media Pembelajaran Anatomi. |