Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN TENTANG KONSEP PELAYANAN KESEHATAN PRIMER TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BULILI
Nama: ARIN ARUMDHANI
Tahun: 2024
Abstrak
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN TENTANG KONSEP PELAYANAN KESEHATAN PRIMER TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BULILI Arin Arumdhani1, Elli Yane Bangkele2, Miranti2, Amirah Basry3 1 Mahasiswa Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako 2 Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako 3 Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako ABSTRAK Latar Belakang: Layanan primer merupakan kontak pertama pasien untuk dapat merasakan pelayanan kesehatan dari seorang profesional. Puskesmas sebagai penyedia jasa layanan primer berperan sebagai unit pelayanan kesehatan tingkat pertama dan terdepan dalam sistem pelayanan kesehatan. Puskesmas harus mampu memaksimalkan kualitas sumber daya manusia untuk dapat menjalankan tugas tersebut. Tenaga kesehatan berperan penting dalam perencanaan, implementasi, kontrol hingga evaluasi pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan primer yang bermutu ditentukan oleh profesionalisme dan kompetensi tenaga kesehatan. Pengetahuan dan sikap dari tenaga kesehatan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien sebagai pengguna jasa pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang dan puas karena terpenuhinya harapan dalam menerima jasa pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien digunakan sebagai parameter dalam mengukur kualitas sebuah layanan. Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan tentang konsep pelayanan kesehatan primer terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bulili Metode: Penelitian ini berupa observasional analitik dengan desain study cross sectional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampel sebanyak 96 pengunjung yang berobat ke Puskesmas Bulili selama bulan Agustus tahun 2023. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil: Uji Rank Spearman menunjukkan hubungan pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan tentang konsep layanan kesehatan primer terhadap kepuasan pasien memiliki nilai p-value sebesar 0,001 yang bermakna secara statistik. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan tentang konsep layanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bulili. Kata Kunci: Layanan kesehatan primer, puskesmas, tenaga kesehatan, kepuasan pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up