Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN VISUAL DISPLAY TERMINAL (VDT) PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: KARINA KHAERAH UMMAH
Tahun: 2022
Abstrak
Latar belakang : Pembelajaran daring merupakan bagian dari pembelajaran jarak jauh yang terbagi menjadi online learning yaitu pembelajaran yang memanfaatkan media teknologi. Computer vision syndrome (CVS) adalah kombinasi dari gejala terkait penglihatan akibat stress pada mata. CVS pada penderita berhubungan erat dengan penggunaan perangkat yang memiliki Visual Display Terminal seperti komputer, tablet, smartphone, dan alat elektronik lainnya dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hama penggunaan CVS pada pembelajaran daring dengan kejadian CVS pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 162 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji Korelasi Chi Square. Hasil: Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai (p=0,043) yang artinya terdapat hubungan lama penggunaan VDT pada pembelajaran daring dengan kejadian CVS. Ditemukan adanya peningkatan bermakna jumlah siswa yang mengalami gejala CVS pada penggunaan perangkat VDT yang lama (? 5 jam). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara lama penggunaan perangkat VDT untuk pembelajaran daring dengan kejadian CVS pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Kata Kunci: CVS, Pembelajaran daring, VDT, mahasiswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up