JudulPengaruh Aplikasi Jotform Pada Nilai Post-Test Praktikum Helminthes Parasitologi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2021 |
Nama: ILHAM AHMAD AFRIZAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Era revolusi industri merupakan kondisi dimana segala aktivitas akan selalu berdampingan dengan kemajuan teknologi, begitupun pada dunia pendidikan kedokteran. Metode pembelajaran dapat menggunakan berbagai media salah satunya Jotform yang merupakan aplikasi formulir daring yang dapat dilaksanakan melalui 4 tahapan besar yaitu desain, konfigurasi, publikasi dan pengelolaan data responden. Tetapi, penggunaan Jotform masih jarang digunakan oleh tenaga pendidik khususnya pendidikan dokter sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui pengaruh aplikasi Jotform pada nilai post-test praktikum Helminthesparasitologi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Tadulako angakatan 2021 dengan tujuan khusus yaitu mengetahui hasil post-test mahasiswa pada praktikum Helminthesparasitologi dengan penggunaan aplikasi Jotform, tanpa aplikasi dan membandingkan hasil post-test nilai praktikum mahasiswa dengan menggunakan dan tanpa menggunakan aplikasi Jotform. Penelitian ini menggunakan metode True Eksperimental dengan desain Post-test only group design menggunakan populasi dan sampel mahasiswa fakultas kedokteran UniversitasTadulako berjumlah 164 orang, penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu independent (bebas) dan dependent (terikat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kontrol yang tidak menggunakan aplikasi Jotform memiliki rerata nilai post-testHelminthes sebesar 59,82 dan standar deviasi sebesar ±25,20. Sementara itu, mahasiswa pada kelompok uji yang menggunakan aplikasi Jotform memiliki rerata nilai post-test sebesar 62,90 dengan standar deviasi sebesar 27,10 dan hasil uji Man-Whitney menujukan nilai p (0,000), sehingga penggunaan aplikasi Jotform pada kelompok uji memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan nilai post-test. Kata Kunci: Aplikasi Jotform, Pendidikan, Kedokteran. |