JudulPengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Praktikum Mandiri Anatomi Terhadap Peningkatan Hasil Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako |
Nama: MUSLIMIN PATARA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latar Belakang: Pembelajaran Anatomi dilaksanakan dalam bentuk kuliah pakar dan praktkum. Metode Jigsaw merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang mengembangkan soft-skill dalam mengelola informasi yang didapat, membangun kerja sama yang aktif untuk mencapai hasil maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran jigsaw pada praktikum mandiri anatomi terhadap peningkatan hasil akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain non-equivalent Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 162 mahasiswa, terbagi menjadi kelompok kontrol dan perlakuan. Data yang dikumpulkan berupa data primer, yaitu data nilai PPST (Pre Practical Session Test) dan nilai tentamen anatomi. Data yang didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-smirnov, kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon dan Uji T tidak berpasangan. Hasil: Peningkatan rata-rata nilai PPST ke nilai tentamen pada kelompok kontrol (Self Directed Learning) dan kelompok perlakuan (Jigsaw) secara berurutan 46.76 dan 58.64 dengan Asymp. Sig. (2-Tailed) 0.000 (<0.050) yang menandakan adanya peningkatan secara signfikan pada kedua kelompok. Rata-rata perubahan peningkatan yang didapatkan pada kelompok perlakuan lebih besar jika dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan nilai Asymp.Sig. (2-Tailed) 0,000 (<0.050). Kesimpulan: Terdapat peningkatan Hasil Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran terhadap penerapan metode Jigsaw dalam praktikum mandiri anatomi Kata Kunci: Pembelajaran Anatomi, Hasil Akademik, Metode Jigsaw |