JudulPENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG REMEDIAL OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) ANGKATAN 2020 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. |
Nama: REGITA ANGGIE CAHYANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latar belakang : Salah satu stresor timbulnya kecemasan pada mahasiswa adalah ketika menghadapi ujian. Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan metode penilaian kompetensi klinis yang banyak digunakan khususnya dalam bidang kedokteran. Pelaksanaan OSCE di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dilakukan disetiap akhir semester. Hasil ujian terdapat mahasiswa yang lulus dan remedial OSCE. Sebagian besar mahasiswa menganggap bahwa OSCE adalah situasi yang penuh dengan tekanan (stressfull). Meskipun sudah dengan persiapan yang baik, kecemasan yang muncul ketika ujian dapat menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ujian, sehingga mempengaruhi hasil yang diperoleh. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap kecemasan pada mahasiswa yang remedial Objective Structured Clinical Examination (OSCE) angkatan 2020 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis observasional dengan pendekatan kuantitatif cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Juni 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 mahasiswa. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji korelasi spearman. Hasil: Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji korelasi spearman didapatkan nilai signifikansi (p) = 0,028 yang artinya terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap kecemasan dan nilai koefisien korelasi (r) = -0,336 berarti kekuatan korelasi lemah dengan arah korelasi negatif. Kesimpulan: Terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap kecemasan pada mahasiswa yang remedial Objective Structured Clinical Examination (OSCE) angkatan 2020 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dengan arah korelasi negatif yang berarti semakin tinggi kesiapan belajar, maka tingkat kecemasan semakin rendah. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Kecemasan, Objective Structured Clinical Examination (OSCE). |