JudulPENGARUH PEMBERIAN LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI TULIS TANGAN TERHADAP PERUBAHAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: ANGGITA ENDAR PANGASTUTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latar Belakang: Pembelajaran Anatomi merupakan kegiatan untuk mempelajari ilmu struktur tubuh yang dilaksanakan dalam kuliah dan praktikum. Laporan praktikum diberikan setelah praktikum selesai dilaksanakan. Menulis laporan praktikum dapat mengasah kemampuan mahasiswa dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan kognitif. Tujuan: mengetahui pengaruh pemberian laporan praktikum anatomi secara tulis tangan terhadap perubahan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain non-equivalent Control Group Design. Jumlah sampel adalah 162 mahasiswa yang terbagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan merupakan data primer berupa data nilai Pre-Practical Session Test (PPST), pres-test dan post-test laporan, serta ujian tentamen anatomi. Data yang didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov kemudian uji Wilcoxon dan uji T Tidak Berpasangan untuk melihat kemaknaan. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan perubahan rata-rata nilai tentamen pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan secara berurutan 45.66 dan 54.64 dengan nilai p-value 0.000 (<0.050) yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara perubahan nilai Tentamen pada kelompok kontrol dan pelakuan. Kesimpulan: Laporan praktikum anatomi tulis tangan memberikan perubahan hasil belajar yang meningkat terhadap Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Kata Kunci: Pembelajaran Anatomi, Laporan Praktikum, Tulis Tangan, Hasil Belajar |