JudulGAMBARAN MINAT BELAJAR MAHASISWA/I ANGKATAN 2020 DAN 2021 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO PADA MATA KULIAH BIOKIMIA DAN FISIOLOGI |
Nama: AMALYA IFTITAH LAONU |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latar Belakang : Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar salah satunya adalah minat mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Biokimia dan fisiologi terkenal cukup sulit dipahami oleh mahasiswa yang baru masuk. Hal ini disebabkan salah satunya karena perubahan sistem belajar di sekolah ke universitas. Minat belajar Mata kuliah biokimia dan fisiologi sangat perlu diteliti karena merupakan ilmu dasar yang sangat diperlukan untuk memahami ilmu kedokteran lain terutama pada sistem blok. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar seseorang. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran minat belajar mahasiswa/i angkatan 2020 dan 2021 fakultas kedokteran universitas tadulako pada mata kuliah biokimia dan fisiologi Metode : Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat observasional deskriptif. Penelitian ini menggunakan 192 sampel dari data responden yang mengisi kuesioner san teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, yaitu purposive sampling. Hasil : Hasil penelitian menunjukan minat belajar mata kuliah biokimia dan fisiologi cukup baik. Persentase pemilihan responden dengan jumlah terbanyak hampir disemua kategori adalah netral. Berdasarkan hasil keseluruhan persentase minat belajar fisiologi lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar biokimia Kesimpulan : Minat belajar mahasiswa/i angkatan 2020 dan 2021 fakultas kedokteran universitas tadulako pada mata kuliah biokimia dan fisiologi cukup baik Kata Kunci : Minat Belajar, Fisiologi, Biokimia Background: One of the factors that influence the success of learning is student interest in learning materials. Biochemistry and physiology are notoriously tricky for new incoming students to understand. This is partly due to the change in the learning system from school to university. Interest in learning Biochemistry and physiology needs to be researched because basic science is needed to understand other medical sciences, especially block systems. Interest is a significant influence on the success of one's learning. Objective: This research aims to describe students' learning interests in class 2020 and 2021 at Medical Faculty of Tadulako University in biochemistry and physiology. Method: This research was a descriptive observational quantitative research type. It used 192 samples of data from respondents who filled out the questionnaire, and the sampling technique used was non-probability sampling, namely purposive sampling. Results: The results show that the interest in learning biochemistry and physiology is quite good. The percentage of respondents with the highest number in almost all categories is neutral. Based on the overall results, the percentage of interest in learning physiology is higher than in learning biochemistry. Conclusion: Student interest in class 2020 and 2021 at Medical Faculty of Tadulako University in biochemistry and physiology is quite good Keywords: Interest in Learning, Physiology, Biochemistry |