Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA ASUPAN ZAT GIZI MAKRO DENGAN PERFORMA KOGNITIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 LUWUK
Nama: DRAJAT KUSUMO DIGDO
Tahun: 2021
Abstrak
Latar Belakang: Gizi merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia. Faktor penyebab langsung kekurangan gizi meliputi asupan makanan yang tidak seimbang. Remaja sekolah merupakan sasaran dalam perbaikan gizi karena pada masa ini fungsi organ tubuh mulai dari otak sudah berfungsi sempurna sehingga kecerdasannya berkembang dengan cepat. Asupan zat gizi yang rendah berdampak pada penurunan kemampuan kognitif remaja sehingga perkembangan individu dapat mengalami keterlambatan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui gambaran asupan makronutrient dan performa kognitif siswa. Penelitian ini melibatkan 56 sampel siswa usia 12-15 tahun di SMPN 3 Luwuk. Responden mengisi kuisioner food recall 24 hours selama 3 hari dan melakukan tes intelegensi menggunakan Raven’s Progressive Matrices. Hasil: Dari penelitian ini didapatkan dari keseluruhan responden terdapat 1 responden (1%) yang keseluruhan asupan zat gizi makro tidak mencapai AKG, terdapat 6 responden (11%) yang hanya 1 zat gizi makro yang mencapai AKG, 20 responden (36%) yang hanya 2 zat gizi makro mencapai AKG, dan 29 responden (52%) memiliki asupan ketiga zat gizi makro mencapai AKG. Distribusi performa kognitif didapatkan 6 responden (11%) kategori kurang, 38 responden (68%) kategori normal dan 12 responden (21%) kategori di atas rata-rata. Terdapat hubungan signifikan dan korelasi positif antara asupan zat gizi makro dengan performa kognitif (p=0.00; r=0,672). Kesimpulan: Asupan zat gizi makro berpengaruh signifikan terhadap performa kognitif siswa remaja. Kata kunci: Zat Gizi Makro, Performa Kognitif, Remaja.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up