JudulPengembangan Metode Pembelajaran Peer-Mentoring Dalam Praktikum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2020 |
Nama: MUHAMMAD FAJRI MANUNTUNGI LUTHFI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latar Belakang: Anatomi merupakan salah satu dasar pembelajaran kedokteran yang dilaksanakan dalam bentuk kuliah pakar (Lecture) dan praktikum anatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Peer-Mentoring merupakan metode yang menggambarkan hubungan mahasiswa yang lebih berpengalaman membantu mahasiswa yang kurang berpengalaman untuk meningkatkan kinerja akademik secara keseluruhan dan memberikan saran, dukungan, dan pengetahuan kepada mentee. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengembangan Metode Pembelajaran Peer-Mentoring dalam Praktikum Anatomi terhadap peningkatan nilai praktikum anatomi mahasiswa FK UNTAD Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 156 mahasiswa yang dibagi kedalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan merupakan data primer berupa data nilai ujian praktikum anatomi. Data yang didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogrof, kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon dan uji Chi Square. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan perubahan rata-rata nilai tentamen pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan secara berurutan 24.30 dan 43.48 dengan Asymp. Sig. (2-Tailed) 0.024 (<0.050) yang menandakan adanya perbedaan yang bermakna antara perubahan nilai Tentamen pada kelompok kontrol dan pelakuan. Kesimpulan: Terdapat peningkatan Nilai Praktikum Anatomi Mahasiswa Fakultas Kedokteran terhadap pengembangan metode peer mentoring dalam Praktikum Anatomi. Kata Kunci: Pembelajaran Anatomi, Nilai Praktikum Anatomi, Peer-Mentoring |