JudulHUBUNGAN ANTARA ASUPAN ZAT GIZI MIKRO (YODIUM,FE,DAN ZINK) DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 LUWUK |
Nama: ALFRYHENI DWINUGRAH REGAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Pendahuluan : Gizi merupakan salah satu faktor yang penting untuk perkembangan kecerdasan anak. Kekurangan zat gizi dapat mempengaruhi kemampuan kognitif. Beberapa zat mikronutrien diketahui dapat mempengaruhi perkembangan kognitif. Mineral tersebut antara lain Yodium, Fe dan Zink. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara asupan zat gizi mikro (Yodium, Fe, dan Zink) dengan kemampuan kognitif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Luwuk Metode : Penelitian ini bersifat descriptive analitic dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling dengan jumlah sampel penelitian 56 orang. Pengukuran asupan Yodium, Fe dan Zink dengan menggunakan food recall 24 jam dan pengukuran kemampuan kognitif menggunakan Raven’s Progressive Matrices. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan ketiga mineral (Yodium, Fe dan Zink) rata-rata termasuk kurang, sedangkan kemampuan kognitif rata-rata adalah cukup. Terdapat hubungan signifikan antara asupan Yodium dengan kemampuan kognitif (p = 0.05, r = 0.321), terdapat hubungan signifikan antara asupan Fe dengan kemampuan kognitif (p = 0.01, r = 0.665) dan hubungan signifikan antara Zink dengan kemampuan Kognitif (p = 0.01, r = 0.614). Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan dan korelasi positif antara asupan zat gizi mikro (Yodium, Fe, dan Zink) dengan kemampuan kognitif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Luwuk. Kata Kunci : Yodium, Fe, Zink, Kognitif |