JudulHubungan Efikasi Diri Terhadap Identitas Profesional Pada Mahasiswa Program Profesi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako |
Nama: MUH. MAULIDAN PRATAMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Hubungan Efikasi Diri Terhadap Identitas Profesional Pada Mahasiswa Program Profesi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Muh. Maulidan Pratama*, Indah Puspasari Kiay Demak**, *** * Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia Medical Education Unit, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia ** Medical Education Unit, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia ABSTRAK Latar Belakang: Profesionalisme sampai saat ini masih menjadi salah satu objek yang belum secara jelas di petakan dalam kurikulum standar pendidikan kedokteran. Profesionalisme itu ada pada individu yang memiliki identitas profesional yang baik, identitas profesional merupakan repsentasi diri yang didapatkan selama menempuh pendidikan yang diharapkan ada dan terbentuk pada semua lulusan dokter. Efikasi diri merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengerjakan suatu tugas atau aktivitas tertentu. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui tingkat efikasi diri mahasiswa dan identitas profesionalnya. Penelitian ini melibatkan 60 sampel mahasiswa tahun 1 dan tahun 2 di Program Profesi Pendidikan Dokter Universitas Tadulako. Responden mengisi kuisioner efikasi diri dan identitas profesional yang telah dilakukan uji validasi dan reabilitasi sebelumnya. Hasil: Hasil yang didapatkan setelah melakukan analisis data dengan uji korelasi Spearman Rank, yaitu terdapat korelasi positif antara efikasi diri dan identitas profesional pada mahasiswa program profesi pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dengan nilai p adalah 0,009 (nilai p < 0,05) serta nilai koefisien korelasi yang cukup sebesar 0,334. Membuktikan bahwa siswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi cenderung memiliki identias profesional yang juga tinggi. Kesimpulan: Efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap identitas profesional mahasiswa program profesi pendidikan dokter. Kata kunci: Efikasi diri, Identitas profesional, profesionalisme |