JudulPEMBUATAN DAN VALIDASI SIM (SMART INJECTION MANNEQUIN) SEBAGAI MEDIA PRAKTEK INJEKSI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIK |
Nama: ANDI MOCH ICTIAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Pendahuluan: Pembelajaran keterampilan Clinical Skills Laboratory (CSL) membantu mahasiswa untuk mencapai kompetensi dalam penguasaan teknik agar dapat melakukan praktik langsung kepada pasien yang sebenarnya. Saat ini dibutuhkan media pembelajaran yang dibuat mirip dengan situasi yang nyata berguna dalam menunjang keterampilan teori dan keterampilan klinis yaitu dengan penggunaan mannequin. Tujuan: Merancang, membuat dan memvalidasi SIM (Smart Injection Mannequin) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam pembelajaran keterampilan klinik di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. METODE: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Teknik pengambilan sampel sebagai informan adalah purposive sampling. Informan terdiri atas seorang ahli Anestesi , ahli dalam bidang Anatomi, serta ahli dalam bidang Medical education. Pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview dan observasi. Hasil: Penelitian ini menghasilkan Mannequin injeksi sebagai media praktek pembelajaran keterampilan klinik Injeksi bagi mahasiswa kesehatan Kesimpulan: SIM (Smart Injection Mannequin yang) dibuat menggunakan bahan berharga terjangkau dan pemanfaatan fungsi dari segi teknologi termasuk kriteria teknolohi tepat guna. Alat Kunci: Pembelajaran, Injeksi , Validasi, Model (Alat Peraga) ABSTRACT Introduction: Learning Clinical Skills Laboratory (CSL) skills can help students to achieve competence in mastering techniques, so they can be carried out directly on real patients. Nowadays, there is a need for learning media that are made similar to real situations that are useful in supporting theoretical skills and clinical skills, namely the use of mannequins. Purpose: This research aims at designing, producing, and validating the SIM (Smart Injection Mannequin) to be used as a learning tool in clinical skills learning activities in Medical Faculty, Tadulako University. Method: This research used a qualitative approach with the Research and Development method. The informants as research samples were taken using purposive sampling technique. The informants consist of an expert in the field of Anesthesia, an expert in the field of Anatomy, and an expert in the field of Medical education. The research data were collected through in-depth interviews and observation. Results: This research produces Mannequin of injection model as a learning tool in clinical skills learning activities in Medical Faculty, Tadulako University. Conclusion: SIM (Smart Injection Mannequin) is produced using precious, affordable materials and its use of functions in terms of technology including appropriate technology criteria. Keywords: Learning, Injection, Validation, Model (Learning Tool) |