Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DOKTER DI POLIKLINIK ORTHOPEDI RSUD UNDATA PALU
Nama: SISILIA FAJIRIN S. BADU
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Pendahuluan : Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting yang harus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya agar memenuhi standar pelayanan yang berlaku dan menimbulkan kepuasan pasien, sehingga masyarakat sebagai konsumen dapat merasakan pelayanan yang diberikan. Tujuan : Untuk menganalisis hubungan karakteristik pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan dokter di Poliklinik Orthopedi di RSUD Undata Palu. Metode : Penelitian ini merupakan studi analitik dengan rancangan cross sectional. pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah total sampel 25. Analisis bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dengan alternatif uji Fisher. Hasil : Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Chi-Square didapatkan hubungan antara karakteristik usia dengan kualitas pelayanan (p = 0,866 > 0,05), hubungan antara karakteristik jenis kelamin dengan kualitas pelayanan (p = 0,017 < 0 xss=removed xss=removed> 0,05), hubungan antara karakteristik status pembiayaan dengan kualitas pelayanan (p = 0,023 < 0 xss=removed> 0.05), the relationship between gender characteristics and service quality (p = 0.017 < 0 xss=removed xss=removed> 0.05), the relationship between the characteristics of financing status and service quality (p = 0.023 < 0.05). Conclusion: There is a relationship between the characteristics of gender, education, and patient financing status and service quality. Keywords: Service Quality, Patient Satisfaction, Patient Characteristics.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up