JudulPERSEPSI MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO TERHADAP METODE PEMBELAJARAN SKILLS LAB SELAMA PANDEMI COVID - 19 |
Nama: DWI YUSRIKA WULANDARI. R |
Tahun: 2021 |
Abstrak Persepsi Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Terhadap Metode Pembelajaran Skills Lab Selama Pandemi Covid - 19 Dwi Yusrika Wulandari. R* Aristo** * Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako **Departemen Keterampilan Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ABSTRAK Pendahuluan: Praktek keterampilan klinik (skills lab) merupakan metode pembelajaran atau bentuk pembelajaran yang digunakan untuk mengarahkan secara bersama-sama kemampuan psikomotorik (ketrampilan), pengetahuan, dan afektif (sikap) yang menggunakan sarana laboratorium. Tujuan: Untuk mengetahui persepsi tentang metode pembelajaran online skills lab selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa preklinik FK UNTAD Metode: Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 383. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji kruskal wallis. Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kapabilitas dan sarana dan prasarana, dapat dilihat dari nilai signifikasi kapabilitas (0,210) dan nilai signifikasi sarana dan prasarana (0,462), p value > 0,05. Pada aspek proses belajar mengajar terdapat perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai signifikasi 0,000, p value < 0> 0.05. In the aspect of the teaching and learning process there is a significant difference which can be seen from the significance value of 0.000, ? value <0.05. Conclusion: Students' perceptions of the skills lab learning method during the Covid 19 pandemic are sufficient from the aspect of the teaching and learning process, both from the aspect of capabilities, and sufficient in terms of facilities and infrastructure. There are differences in students’ perceptions between year 1, 2 and 3 on aspects of the teaching and learning process. There is no difference in perceptions between year 1, 2, and 3 students on the aspects of capabilities and facilities and infrastructure. Keywords: Skills lab |