Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Clinical Skill Laboratory (CSL) Secara Online Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Nama: DESAK SAGITA
Tahun: 2020
Abstrak
Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Clinical Skill Laboratory (CSL) Secara Online Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Desak Sagita*, Vera Diana Towidjojo**, *** * Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako * Departeman Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia ABSTRAK Pendahuluan: Pandemi COVID-19 berdampak bagi masyarakat di seluruh aspek salah satunya bagian pendidikan. Sehingga pemerintah memilih opsi lain agar pendidikan tetap bisa berjalan. Salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis daring. Hal ini tentu berdampak di perguruan tinggi, Semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online termasuk dengan kegiatan Clinical Skill Lab (CSL). Tentu kebijakan tentang kuliah online yang dilakukan atau yang diterima oleh para mahasiswa kedokteran mengenai kegiatan CSL akan berdampak kepada tingkat kepuasan yang rasakan oleh masing-masing mahasiswa tersebut. Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran Clinical Skill Laboratory (CSL) secara online pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Metode: Penelitian ini menggunakan design penelitian deskriptif kuntitatif. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sebanyak 89 responden. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi pertanyaan/pernyataan yang terdiri dari tiga indikator, yaitu indikator instruktur, fasilitas atau peralatan dan sistem CSL yang dilakukan secara daring. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa pada indikator instruktur sebesar 2,33 yang termasuk dalam kategori tidak puas. Pada indikator fasilitas atau peralatan didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 2,78 yang termasuk dalam kategori puas, namun Kategori puas yang digunakan pada indikator ini mangandung makna ganda dan disesuaikan dengan konteks pertanyaan. Dan pada indikator sistem pembelajaran CSL secara daring didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 2,46 yang termasuk dalam kategori tidak puas. Kesimpulan: Tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan indikator instruktur sebesar 2,33 yang termasuk dalam kategori tidak puas, pada indikator fasilitas/peralatan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 2,78 yang termasuk dalam kategori puas dan pada indikator sistem pembelajaran CSL secara daring sebesar 2,46 yang termasuk dalam kategori tidak puas. Kata Kunci: COVID-19, kuliah online/daring, Clinical Skill Laboratory (CSL), tingkat kepuasan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up