JudulTingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tutorial Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako |
Nama: MOH. ARDIANSYAH H. M |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Tutorial Secara Online pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Moh. Ardiansyah H. M*, Vera Diana Towidjojo**, *** * Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ** Departeman Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako, Indonesia ABSTRAK Pendahuluan: Pandemi COVID-19 berdampak bagi masyarakat di seluruh aspek salah satunya bagian pendidikan. Sehingga pemerintah memilih opsi lain agar pendidikan tetap bisa berjalan. Salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis daring. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online termasuk dengan kegiatan Problem Based Learning (PBL) sesi tutorial. Kebijakan mengenai kuliah berbasis online ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran tutorial secara online pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Metode: Penelitian ini menggunakan design penelitian deskriptif kuantitatif. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berisi pertanyaan/pernyataan yang terdiri dari tiga indikator, yaitu indikator kinerja tutor, fasilitas yang ada dan pemahaman mahasiswa terhadap tutorial secara daring. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa pada indikator kinerja tutor sebesar 954,4 yang termasuk dalam kategori puas. Pada indikator fasilitas didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 1.087 yang termasuk dalam kategori sangat puas, namun kategori sangat puas yang digunakan pada indikator ini mengandung makna ganda dan disesuaikan dengan konteks pertanyaan. Pada indikator pemahaman mahasiswa didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 976,6 yang termasuk dalam kategori sangat puas. Kesimpulan: Tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan indikator kinerja tutor sebesar 954,4 yang termasuk dalam kategori puas, pada indikator fasilitas tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 1.087 yang termasuk dalam kategori sangat puas dan pada indikator pemahaman mahasiswa sebesar 976,6 yang termasuk dalam kategori sangat puas. Kata Kunci: COVID-19, kuliah online/daring, Problem Based Learning (PBL), tingkat kepuasan. |