Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN DURASI BERMAIN VIDEO GAME TERHADAP TAJAM PENGLIHATAN SISWA KELAS 5 DAN 6 SEKOLAH DASAR NEGERI MODEL TERPADU MADANI
Nama: SINTIA BAHAR
Tahun: 2019
Abstrak
Hubungan Durasi Bermain Video Game Terhadap Tajam Penglihatan Siswa Kelas 5 Dan 6 Sekolah Dasar Negeri Model Terpadu Madani Sintia Bahar*, Diah Mutiarasari ** * Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako **Dosen Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ABSTRAK Latar Belakang : Masalah kesehatan dikalangan pelajar pada sistem penglihatan merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya deteksi dini kelainan refraksi mata pada usia sekolah agar dapat ditemukan kasus kelainan refraksi secara dini pada populasi yang memiliki gejala. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan durasi bermain video game terhadap tajam penglihatan siswa kelas 5 dan 6 SDN Model Terpadu Madani Palu. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat analitik dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 dan 6 SDN Model Terpadu Madani Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Data diolah dengan uji Chi-Square dengan nilai p<0>2 jam/hari. Karakteristik responden berdasarkan kelainan refraksi diperoleh 80 orang responden tidak mengalami kelainan refraksi dan 31 orang responden mengalami kelainan refraksi (minus). Hasil uji Chi-Square menunjukkan nilai p=0,313 (p>0,05) Kesimpulan : Disimpulkan tidak terdapatnya hubungan antara durasi bermain video game terhadap tajam penglihatan siswa kelas 5 dan 6 SDN Model Terpadu Madani Palu. Kata Kunci: Video game, Tajam penglihatan, Siswa Sekolah Dasar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up