JudulPENGARUH GAME ONLINE TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA SEMESTER 2,4,DAN 6 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: DIDIET YUDHA PRADIHTYA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Game Online Terhadap Indeks Prestasi Pengaruh Kumulatif Mahasiswa Semester 2,4,dan 6 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Palu Sarifuddin Anwar*, Fitriah Handayani**, Rabiatul Adawiyah***, ****Didiet Yudha Pradihtya *Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako **Departemen Neurologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ***Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ****Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako ABSTRAK LATAR BELAKANG : Game Online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer.serta menggunakan teknologi seperti modem dan koneksi kabel, Tingginya intensitas bermain game online memberikan berbagai dampak atau pengaruh negatif ,baik terhadap fisik maupun psikis individu. Dampak fisik dapat berupa kelelahan pada anggota tubuh karena terlalu lama bermain game yang menyebabkan kesehatan badan menurun dan mudah sakit.Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yaitu indeks prestasi yang dihitung pada akhir suatu program pendidkian lengkap atau pada akhir semester kedua dan seterusnya untuk seluruh mata kuliah yang diambilnya. Dalam perkuliahan mahasiswa dituntut untuk berkompetisi dalam memperoleh prestasi akademik, sebagai tolak ukurnya adalah indeks prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Palu.Sebanyak 175 orang mahasiswa kedokteran dibagikan kuesioner,yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS. METODE PENELITIAN : Rancangan penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan secara Cross-Sectional dengan menganalisis variabel Game online terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako semester 2,4,dan 6 .Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Palu pada Tanggal 28 November 2019. HASIL PENELITIAN : Hasil yang diperoleh bahwa pengaruh positif sebanyak 85 orang (48,6 %) dan pengaruh negatif sebanyak 90 orang (51,4%). KESIMPULAN : Hasil pnelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara memainkan game online dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa semester 2,4, dan 6. KATA KUNCI : Game online, Indeks prestasi kumulatif Online Game Against Grade point of Average Performance of 2,4, and 6th Semester Medical Student of Tadulako University Palu Sarifuddin Anwar*, Fitriah Handayani**, Rabiatul Adawiyah***, ****Didiet Yudha Pradihtya *Departement of Anatomy, Faculty of Medicine, Tadulako University **Departement of Neurology, Faculty of Medicine, Tadulako University ***Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, Tadulako University ****Medical Student of Medical Faculty, Tadulako Universtity ABSTRACT BACKGROUND : Online gaming is a type of computer game that utilizes computer networks. As well as using technology such as modems and cable connections, the high intensity of playing online games has various negative impacts or effects, both on the physical and psychological individual. Physical impact can be in the form of fatigue in the limbs due to prolonged playing games that cause decreased physical health and easy pain. Cumulative Achievement Index (GPA) is an achievement index calculated at the end of a complete education program or at the end of the second semester and so on for all courses he took. In lectures students are required to compete in achieving academic achievement, as a benchmark is the achievement index. The purpose of this study was to determine the impact of online games on the cumulative achievement index of Tadulako University Medical Faculty Palu University. A total of 175 medical students were distributed questionnaires, which were then analyzed using SPSS. RESEARCH METHOD : The research design used was observational analytic with a Cross-Sectional approach by analyzing the online game variable on the cumulative achievement index of the Faculty of Medicine students of Tadulako University semester 2.4, and 6. The research was carried out at the Faculty of Medicine, University of Tadulako Palu on 28 November 2019. RESEARCH RESULT : The results obtained that a positive influence of 85 people (48.6%) and a negative influence of 90 people (51.4%). CONCLUSION : The results of this study indicate that there is a correlation between playing online games with a cumulative achievement index for semester 2.4, and 6 students KEYWORDS : Online game,Grade point average performance |