Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS DI KOTA PALU
Nama: MUNIFA AYU ROVIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di Puskesmas Di Kota Palu Munifa Ayu Roviana *, Elli Yane Bangkele ** * Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako. ** Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ABSTRAK Latar Belakang : Asuransi kesehatan mengurangi resiko masyarakat menanggung biaya kesehatan dari kantong sendiri out of pocket, dalam jumlah yang sulit diprediksi dan kadang-kadang memerlukan biaya yang sangat besar.Untuk itu diperlukan suatu jaminan dalam bentuk asuransi kesehatan karena peserta membayar premi dengan besaran tetap. Dengan demikian pembiayaan kesehatan ditanggung bersama secara gotong royong oleh keseluruhan peserta, sehingga tidak memberatkan secara orang per orang. Mutu pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan,dimana pada satu pihak dapat menimbulkan kepuasan setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata,serta di pihak lain melalui tata cara penyelenggaraan sesuai dengan kode etik dan standar profesi yang telah ditetapkan. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS di Puskesmas di Kota Palu Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan desain cross sectional yang dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi yang disusun berdasarkan kuisioner. Dengan jumlah sampel 390 orang. Hasil : Berdasarkan hasil univariat didapatkan tingkat kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi SERVQUAL yaitu tangible puas sebanyak 271 orang (69,49%), tidak puas 12 orang (3,08%); reliability puas sebanyak 238 orang (61,03%), tidak puas 18 orang (4,62%); responsiveness puas sebanyak 238 orang (61,03%), tidak puas 24 orang (6,15%); assurance puas sebanyak 241 orang (61,79%), tidak puas 23 orang (5,90%); empathy puas sebanyak 242 orang (62,05%), tidak puas sebanyak 18 orang (4,62%). Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien yang ada di puskesmas di Kota Palu dilihat dari lima dimensi SERVQUAL sudah baik. Kata Kunci : mutu pelayanan, kepuasan,SERVQUAL,rawat jalan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up