JudulPERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DARI MAHASISWA KEDOKTERAN ANGKATAN 2018 YANG TINGGAL SENDIRI DAN TINGGAL BERSAMA ORANG TUA |
Nama: EVITA RAMDHANI MUSTIKA PUTRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa terbagi menjadi tiga yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar.Faktor internal terdiri dari aspek fisiologis (status gizi, kesehatan, dan kebiasaan sarapan pagi) dan aspek psikologis (inteligensi, sikap, bakat, minat, dan motivasi). Faktor eksternal terdiri dari lingkungan sosial (pendidikan ayah, pendidikan ibu, keadaan ekonomi orang tua, guru, teman-teman sepermainan, dan masyarakat) dan lingkungan non-sosial (lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal). Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan desain penelitian metode cross-sectional dan mengunakan teknik pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner yang telah di validasi dan reabilitas oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dengan jumlah responden mahasiswa 111 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode cross sectional. Dari hasil penelitian perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang tinggal bersama orang tua dan tinggal di kos didapatkan nilai p=0.883 (p>0.05) yang membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang tinggal bersama orang tua dan tinggal di kos. Kata kunci : motivasi belajar, kos, tinggal bersama orang tua. |