Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN I, TAHUN II, TAHUN III DAN TAHUN IV FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: RANIYATI
Tahun: 2019
Abstrak
PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN I, TAHUN II, TAHUN III DAN TAHUN IV FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO Rani yati*, Indah Puspasari Kiay Demak**, Diah Mutiarasari *** *Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ** Medical Education Unit, Fakultas Kedokteran, Universitas tadulako *** Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako ABSTRAK Latar Belakang: Perguruan tinggi sebagai satuan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dituntut untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas, sehingga peserta didik yang dihasilkan mampu menghadapi tantangan masa depan dan persaingan diberbagai bidang pendidikan. Fakultas Kedokteran sebagai penyelenggara pelayanan publik sebaiknya memberikan pelayanan akademik yang berkualitas sehingga menghasilkan sarjana terbaik dibidang kedokteran. Kualitas pelayanan akademik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dapat diukur dengan tingkat kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Tujuan : Untuk mengukur perbandingan tingkat kepuasan mahasiswa tahun I, tahun II, tahun III dan tahun IV terhadap kualitas pelayanan akademik di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian deskriptif analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2015-2018. Sampel diambil melalui metode purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 241 responden. Hasil: Analisis data tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan akademik menggunakan uji one way ANOVA. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai probabilitas <0,05 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan: Terdapat perbandingan tingkat kepuasan kualitas pelayanan akademik pada mahasiswa tahun I, tahun II, tahun III dan tahun IV Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Kata kunci : tingkat kepuasan, kualitas pelayanan akademik, Fakultas Kedokteran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up