JudulPEMASARAN BARANG JADI BERBASIS KAYU EBONI DI PERUSAHAAN SUMBER URIP EBONI MELALUI ANALISIS SWOT |
Nama: NURAISYAH DARMAWAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Industri furniture merupakan salah satu industri kayu yang memiliki nilai tambah yang paling tinggi dan menyerap banyak tenaga kerja serta memberikan kontribusi yang cukup penting terhadap perekonomian di Indonesia. Kayu eboni atau kayu hitam merupakan jenis kayu yang ada di daerah panas atau daerah tropis seperti Sulawesi Tengah. Kayu eboni biasanya digunakan sebagai bahan mebel, patung, ukiran, hiasan dinding, alat musik, kipas dan kayu lapis mewah. Di Sulawesi Tengah pemasaran eboni lebih dikenal dalam bentuk furniture atau souvenir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Perusahaan Sumber Urip Eboni, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta mengetahui strategi pemasaran yang tepat berdasarkan hasil analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, dimana peneliti melakukan wawancara kepada pihak Sumber Urip Eboni untuk menentukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta peluang dan ancaman yang dihadapi Perusahaan. Peneliti melakukan wawancara kepada 16 orang responden yang terdiri dari 3 orang dari pihak Sumber Urip Eboni, 5 orang konsumen, 2 orang dosen, 2 orang dari BPHP, dan 4 orang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Para responden bebeas memberikan bobot dan rating terhadap setiap faktor penentu yang diajukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Perusahaan Sumber Urip Eboni berdasarkan hasil analisis SWOT berada pada kuadran I dengan nilai X (1,62) dan nilai Y (0,4) yang berarti Perusahaan dapat memanfaatkan keuntungan dan peluang yang dimiliki. Strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan Sumber Urip Eboni yaitu mengikuti pameran internasional, memperluas pangsa pasar ekspor, mempertahankan kualitas produk, membuat logo dan mendaftarkan branding merk secara legal, menciptakan inovasi baru, memperbaiki manajemen keuangaan, dan memanfaatkan platform social media untuk melakukan promosi. |