Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulNILAI EKONOMI WISATA ALAM DANAU TAMBNG KAWASAN TAMAN NASIONAL LORE LINDU
Nama: Nuryawati Pasiamping
Tahun: 2019
Abstrak
Wisata adalah bepergian yang dilakukan bersama-sama atau banyak orang, yang pada akhirnya akan mendapatkan hal-hal baru, entah pada tempat wisata yang pada saat itu mereka kunjungi atau lain kata dapat juga bisa dikatakan dengan bertamasya.Taman Nasional Lore Lindu merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Sulawesi Tengah yang memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi serta kebudayaan yang unik. Taman Nasional Lore Lindu memiliki aset yang penting karena potensi wisata alam yang berupa hutan, gunung, danau, sungai, air terjun, gua serta budaya masyarakat seperti upacara adat dan peninggalan budaya.Danau Tambing merupakan salah satu kawasan wisata menjadi bagian dari wilayah Taman Nasional Lore Lindu yang dapat dijadikan sebagai pusat peneliti baik dalam maupun luar negeri.Danau Tambing memiliki daya tarik wisata yang indah dan memiliki potensi yang dapat dikembangkan seperti danau, keindahan alam, dan pengamatan burung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan nilai ekonomi wisata alam Danau Tambing kawasan Taman Nasional Lore Lindu dengan menggunakan metode biaya perjalanan (Travel Cost Method).Lokasi penelitian ini dilaksanakan di obyek wisata alam Danau Tambing kawasan Taman Nasional Lore Lindu.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling dengan menggunakan analisis Travel Cost Method. Jumlah keseluruhan responden yang menjadi obyek peneliti yaitu 50 orang, dengan penentuan jumlah sampel diambil untuk penelitian kualitatif paling sedikitnya dari 30, 50, 75, 100 dan seterusnya. Berdasarkan hasil analisis maka besarnya nilai ekonomi total wisata alam Danau Tambing kawasan Taman Nasional Lore Lindu dengan menggunakan metode biaya perjalanan yaitu sebesar Rp.8.756.000/seluruh daerah. dengan rata-ratanya yaitu sebesar Rp.2.189.000/daerah dalam 1 kali kunjungan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up