JudulINDEKS KEPUASAN PENGUNJUNG PADA WISATA ALAM DANAU TAMBING TAMAN NASIONAL LORE LINDU |
Nama: Joana Putri Delima Hutauruk |
Tahun: 2019 |
Abstrak RINGKASAN JOANA PUTRI DELIMA HUTAURUK – L 131 14 194, Indeks Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Alam Danau Tambing Taman Nasional Lore Lindu, dibimbing oleh Syukur Umar dan Sudirman Dg. Massiri Pariwisata berbasis alam belakangan ini sangat banyak digemari oleh pengunjung wisata, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Potensi keanekaragaman hayati dan kealamian suatu kawasan wisata menjadi sebuah daya tarik yang kuat bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Kepuasan pengunjung tidak hanya didapat dari potensi-potensi alam yang tersedia didalamnya, melainkan juga salah satunya adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola kawasan wisata tersebut. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang indeks kepuasan pengunjung pada wisata alam Danau Tambing dimana hal ini berhubungan dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola kawasan Wisata Alam Danau Tambing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung obyek Wisata Alam Danau Tambing berdasarkan potensi-potensi wisata dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola obyek wisata. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2018. Lokasi penelitian ini bertempat di Obyek Wisata Alam Danau Tambing Desa Sedoa Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Jumlah sampel yaitu sebanyak 50 pengunjung objek wisata alam Danau Tambing. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survey dan teknik angket (kuesioner). Variabel yang akan di ukur dalam penelitian ini yaitu variabel kehandalan (reliability), bukti langsung (tangible), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy), metode analisis data yang digunakan untuk mengolah data adalah dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan selanjutnya menggunakan metode Indeks Kepuasan Pengunjung (Consumer Satisfaction Index) atau yang disebut analisis CSI. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata indeks kepuasan pengunjung secara keseluruhan yaitu sebesar 85,89%. Artinya, pengunjung Wisata Alam Danau Tambing merasa sangat puas dengan keberadaan wisata tersebut. Dari berbagai indikator yang diteliti, terdapat beberapa catatan penting oleh pengunjung yang merasa kurang puas mengenai apa saja yang dianggap pengunjung sangat penting namun kinerja yang diberikan masih kurang baik. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Pengunjung, Indeks Kepuasan Pengunjung Danau Tambing. |