JudulPENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 21 SIGI |
Nama: AGUSNAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Masalah dalam penelitian ini, yakni (1) bagaimana langkah-langkah penerapan metode pemodelan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 21 Sigi? (2) apakah penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 21 Sigi? Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan langkahlangkah penerapan metode pemodelan dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas VII B SMPN 21 Sigi menulis teks. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil kemampuan siswa kelas VII B SMPN 21 Sigi menulis teks deskripsi melalui penerapan metode pemodelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan secara bersiklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi dan data hasil belajar siswa. Pencapaian kemampuan guru melakasanakan pembelajaran pada siklus pertama diperoleh kriteria cukup 3, baik 10, dan sangat baik 10, dan pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan perolehan yakni, kriteria baik 2 dan kriteria sangat baik 21. Sementara itu, diperoleh hasil penilaian proses siswa pada siklus pertama , yakni kriteria kurang 6, sangat kurang 7, cukup 4, dan baik 3, dan pada siklus kedua mengalami peningkatan, yakni kriteria cukup 3 dan kriteria baik 17. Setelah pelaksanaan tes akhir pada siklus pertama di antara 20 siswa yang mengikuti tes terdapat 7 siswa yang tuntas dan 13 siswa belum tuntas hasil belajarnya, dengan perolehan nilai rata-rata 59,25. Pelaksanaan tes akhir pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa, di antara 20 siswa yang mengikuti tes dinyatakan tuntas secara keseluruhan dengan perolehan nilai rata-rata 83. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 21 Sigi dalam menulis teks deskripsi. Kata Kunci: Penerapan, metode pemodelan, menulis, teks deskripsi. |