JudulPENERAPAN METODE IMPROVE BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES I TATURA |
Nama: HERMIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di SD Inpres 1 Tatura Tahun Ajaran 2015-2016. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode improve berbantuan multimedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua kali siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode improve berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dari siklus I 81,90 (kategori baik) menjadi 91,40 (kategori sangat baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 65,71 (kategori baik) menjadi 97,10 (kategori sangat baik) pada siklus II. Kesimpulan bahwa penerapan metode improve berbantuan multimedia pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres I Tatura. Kata kunci: Metode Improve, Multimedia, Kualitas Proses Belajar dan Hasil Belajar. |