Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul PENGARUH PEMBELAJARAN STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU
Nama: MEGAWATI MOH.AMIN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Megawati Moh. amin. 2015. Pengaruh pembelajaran starter experiment approach (SEA) dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (i) Muslimin, (ii) Unggul Wahyono. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji signifikansi perbedaan pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa yang menggunakan pembelajaran starter experiment approach (SEA) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu, (2) menguji signifikansi perbedaan pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada siswa SMA Negeri 5 Palu dan (3) mengetahui interaksi antara pembelajaran starter experiment approach (SEA) dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desaian factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan teknik Sampling Purposif. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran starter experiment approach (SEA), variabel terikat yaitu pemahaman konsep suhu dan kalor dan variabel moderator yaitu motivasi belajar. Pengambilan data melalui tes hasil pemahaman konsep suhu dan kalor dan angket motivasi belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep suhu dan kalor antara siswa yang menggunakan pembelajaran starter experiment approach (SEA) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep suhu dan kalor antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada siswa SMA Negeri 5 Palu, dan (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran starter experiment approach (SEA) dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci: Pembelajaran starter experiment approach (SEA), motivasi belajar, pemahaman konsep

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up