Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN BERBASIS PENJAMINAN MUTU DALAM MENCIPTAKAN NILAI, KEPUASAN, KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Provinsi Sulawesi Tengah)
Nama: SYAMSUDDIN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Syamsuddin R., “Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Berbasis Penjaminan Mutu Dalam Menciptakan Nilai, Kepuasan, Kepercayaan, dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Provinsi Sulawesi Tengah)”. Promotor Syamsul Bachri, Ko-Promotor I Saharuddin Kaseng, Ko-Promotor II Maskuri Sutomo. Tujuan penelitian, mengetahui: (1) persepsi kualitas layanan pendidikan/ pembelajaran berbasis penjaminan mutu, nilai, kepuasan, kepercayaan dan loyalitas mahasiswa; (2) tingkat kesesuaian kepentingan dan kinerja kualitas layanan pendidikan/pembelajaran dirasakan mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Sulawesi Tengah; (3) pengaruh antar variabel eksogen dan endogen. Data diperoleh melalui survey dengan memberi kuesioner tertutup berdasarkan skala likert 5 tingkatan kepada 207 sampel mahasiswa program studi perguruan tinggi swasta yang terakreditasi B dan telah menempuh kuliah 4 semester keatas yang dipilih secara proporsional dengan teknik penarikan sampel purporsive (jugmental) sampling. Metode Analisis digunakan adalah Distribusi Frekuensi dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan program SPSS 22. serta analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program AMOS versi 20. Hasil penelitian: (1) kualitas layanan pendidikan/ pembelajaran berbasis penjaminan mutu pada PTS di Provinsi Sulawesi Tengah, dipersepsi mahasiswa dengan kategori kualitas baik sesuai nilai akreditasinya baik (B), dan dirasakan memiliki nilai tinggi dan memuaskan, sehingga mahasiswa percaya dan loyal pada prodi dan lembaga perguruan tinggi. (2) layanan pendidikan/pembelajaran umumnya dianggap penting, namun sebagian besar dipersepsi memiliki kinerja belum maksimal dalam memenuhi kepentingan mahasiswa dan memiliki tingkat kesesuaian masih relatif rendah. (3) kualitas layanan pendidikan/pembelajaran berbasis penjaminan mutu berpengaruh signifikan dan positif dalam menciptakan nilai, kepuasan, kepercayaan, dan memiliki pengaruh tidak langsung, melalui nilai, kepuasan dan kepercayaan dalam menciptakan loyalitas mahasiswa. Nilai kualitas layanan pendidikan/ pembelajaran dirasakan berpengaruh signifikan dan positif dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas mahasiswa, akan tetapi berpengaruh tidak signifikan terhadap penciptaan kepercayaan. Kepuasan atas kualitas layanan pendidikan/ pembelajaran berpengaruh signifikan dan positif dalam menciptakan kepercayaan dan berpengaruh tidak signifikan dalam menciptakan loyalitas mahasiswa, dan kepercayaan atas kualitas layanan pendidikan/pembelajaran berpengaruh signifikan dan positif dalam menciptakan loyalitas mahasiswa. Kata Kunci: Kualitas Layanan Pendidikan Berbasis Penjaminan Mutu, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kepercaraan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up