Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Anuntaloko Parigi
Nama: DESSY NATALIA DONDOKAMBEY
Tahun: 2022
Abstrak
Kepuasan pasien merupakan suatu tolak ukur keberhasilan suatu pelayanan dengan kinerja yang diberikan. Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab pada pasien, dengan adanya bantuan sosial kesehatan seperti BPJS kesehatan, sangatlah mempermudah pasien yang membutuhkan dalam mengontrol kesehatannya, namun seringkali pelayanannya dibedakan antara pasien umum dan BPJS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi rawat jalan RSUD Anuntaloko Parigi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif (non eksperimental) dengan jumlah sampel yaitu 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan metode ServQual gap, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan nilai gap tiap dimensi yaitu reability (kehandalan) (-0,4175), responsiveness (tanggap) (-0,406), assurance (kepastian) (-0,282), emphaty (empati) (-0,392), dan tangible (dimensi berwujud) (-0,61) berada pada kategori cukup puas, dan untuk tingkat kepuasan dengan menggunakan metode pengukuran CSI juga termasuk dalam kategori cukup puas dengan nilai Customer satisfaction index (CSI) sebesar 78,44%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pasien peserta BPJS rawat jalan di RSUD Anuntaloko Parigi berada pada kategori cukup puas dan terdapat 2 atribut pelayanan yang harus diprioritaskan untuk perbaikan yaitu atribut nomor 2 dimensi reliability (kehandalan), dan atribut nomor 7 dalam dimensi responsiveness (daya tanggap) yaitu terkait keramahan petugas dalam pelayanan dan respon petugas dalam melayani pasien. Kata Kunci : Kepuasan, BPJS, pelayanan kefarmasian, Rumah Sakit

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up