Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGambaran Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Swamedikasi Apoter Di Apotek Mandiri Kota Palu
Nama: ANGGRAENI AGUS
Tahun: 2022
Abstrak
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukaan praktik kefarmasian oleh apoteker. Salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah swamedikasi, sehingga apoteker perlu menciptakan kualitas pelayanan yang sesuai atau melebihi harapan pasien. Dalam meningkatkan pelayanan swamedikasi apoteker dapat dilakukan survey kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan swamedikasi apoteker di apotek mandiri Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif dengan jumlah sampel, yaitu 410 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form dan hardcopy. Data kemudian dianalisis menggunakan metode ServQual, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan nilai gap tiap dimensi, yaitu reliability (kehandalan) 0,32, responsiveness (ketanggapan) 0,36, assurance (jaminan) 0,35, empathy (kepedulian) 0,51, dan tangible (berwujud) 0,18. Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan nilai sebesar 76,8% yang termasuk dalam kategori puas. Terdapat 6 atribut yang menempati kuadran I, 18 atribut yang menempati kuadran II, 7 atribut yang menempati kuadran III, dan 2 atribut yang menempati kuadran IV. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu kepuasan masyarakat terhadap pelayanan swamedikasi apoteker di apotek mandiri Kota Palu termasuk dalam kategori puas. Terdapat 6 atribut pelayanan swamedikasi apoteker yang menjadi prioritas perbaikan di apotek mandiri Kota Palu, yaitu pada atribut nomor 1 dan 7 termasuk dalam dimensi reliability (kehandalan), atribut nomor 14 termasuk dalam dimensi responsiveness (ketanggapan), atribut nomor 27 dan 28 termasuk dalam dimensi empathy (kepedulian) dan atribut nomor 33 termasuk dalam dimensi tangible (berwujud). Kata Kunci : Apotek mandiri, Swamedikasi, Pelayanan Apoteker, Kepuasan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up