JudulHUBUNGAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MARAWOLA KABUPATEN SIGI |
Nama: SYAFIRA NUR KHAFIFA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Pada tahun 2018 terjadi penurunan pasien sebanyak 8.859 dan pada tahun 2019 sebanyak 7.702 pertahun, dengan ini bisa dilihat bahwa ada penurunan jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Marawola. Untuk menunjang pelayanan kesehatan yang optimal dan bermutu di Puskesmas, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan RepublikIndonesia No.74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Tenaga kesehatan harus memahami faktor-faktor kebutuhan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat, karena pada dasarnya tenaga kesehatan harus memenuhi tuntutan dan kebutuhan para pemakai jasa pelayanan kesehatan yang berkualitas. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan perilaku tenaga kesehatan dengan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Marawola Kabupaten Sigi. Penelitian ini memakai pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Marawola Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan total sampling. Besar sampel yang diambil yaitu 30. Data diperoleh melalui kuesioner. Analisis data meliputi analisi univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square (P<0,05) pada program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan yang bermakna dengan kualitas pelayanan kesehatan, yaitu variabel variabel sikap tenaga kesehatan dengan kualitas pelayanan kesehatan menunjukan hubungan yang bermakna dengan kualitas pelayanan kesehatan, masing-masing dengan nilai P=0,022. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sikap tenaga kesehatan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Kata Kunci: Perilaku tenaga kesehatan, kualitas pelayanan kesehatan |