Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PADA MASA NEW NORMAL DI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: NUR AZIZAH A.ABDULLAH
Tahun: 2021
Abstrak
Kepuasan konsumen dapat menentukan kualitas pelayanan kefarmasian konsumen di apotek. Kepuasan adalah perasaan seseorang setelah menerima kinerja pelayanan jasa dan membandingkannya dengan kinerja pelayanan jasa yang diharapkannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kefarmasian selama masa new normal di apotek-apotek Kecamatan Mantikulore Kota Palu Sulawesi Tengah menggunakan metode Servqual model gap 5, indeks kepuasan masyarakat (IKM), dan metode IPA (Importance-Performance Analysis). Penelitian observasional menggunakan pendekatan secara cross-sectional dengan total sampel 177 responden dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Penelitian dilakukan sejak bulan September 2020 hingga April 2021. Hasil penelitian diperoleh nilai indeks kepuasan pelayanan kefarmasian di apotek yang berada di Kecamatan Mantikulore masuk dalam kategori memuaskan (83,59%). Namun, masih terdapat kesenjangan antara pelayanan kefarmasian yang diterima dan pelayanan kefarmasian yang diharapkan oleh konsumen di apotek yang terdapat di Kecamatan Mantikulore, terbukti dengan nilai gap rata-rata dari kelima dimensi yaitu -0,458. Hasil yang diperoleh menggunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis) pada kuadran A terdapat atribut nomor 6, 20, dan 21. Kuadran B terdapat atribut nomor 8, 9, 10, 11, 13, 15, 16, 17, 18, dan 19. Kuadran C terdapat atribut nomor 2, 5, 12, dan 14. Kuadran D terdapat atribut nomor 1, 3, 4, dan 7. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Gap, Index Performance Analysis, Kecamatan Mantikulore, New Normal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up