JudulKEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK WILAYAH KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI DALAM MASA NEW NORMAL |
Nama: AN NISA UL MURSYIDAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Pada masa new normal ini dapat disadari bahwa perlindungan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah merupakan aspek penting untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini menuntut penyedia jasa pelayanan kesehatan untuk menyediakan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang bersifat kuratif dan preventif sebagai upaya peningkatan kualitas hidup serta memberikan kepuasan bagi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan kefarmasian. Dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian dapat dilakukan evaluasi dengan melakukan survei kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali dalam masa new normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif dengan jumlah sampel yaitu 173 orang yang diambil secara purposive sampling menggunakan kuisioner yang dibagikan secara online melalui media Google Form. Data kemudian dianalisis menggunakan metode ServQual dan Importance and Perfomance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan nilai gap tiap dimensi yaitu reliability (kehandalan) -0,49, responsiveness (daya tanggap) -0,50, assurance (jaminan) -0,54, empaty (kepedulian) -0,56 dan tangible (bukti langsung) -0,60. Diagram kartesius menunjukan terdapat 3 atribut yang termasuk dalam kuadran I, 10 atribut yang termasuk dalam kuadran II, 6 atribut pada kuadran III dan 6 atribut terdapat pada kuadran IV. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Kecamatan Bungku Tengah pada masa new normal termasuk dalam kategori cukup puas. Terdapat 3 Atribut pelayanan kefarmasian yang menjadi prioritas perbaikan di apotek Kecamatan Bungku Tengah, dimana atribut nomor 20, 22, dan 23 tersebut termasuk dalam dimensi tangible (bukti langsung). |