JudulANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSUD MADANI KOTA PALU |
Nama: YULIANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang penting bagi penyedia layanan jasa seperti rumah sakit. Salah satu cara untuk menilai kualitas pelayanan rumah sakit khususnya di instalasi farmasi yaitu dengan mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Madani berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yakni tangible, responsiveness, reliability, assurance, dan emphaty. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner berdasarkan format jawaban skala likert. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan lima dimensi kualitas jasa, dan dianalisis dengan menggunakan persentase dan skala likert. Hasil penelitian didapatkan tingkat kepuasan pasien pada kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi kualitas jasa yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (empathy) diperoleh rata-rata persentase kepuasan sebesar 75,95% yang masuk dalam kategori puas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Madani Kota Palu merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Kata kunci: analisis kepuasan, kualitas pelayanan, RSUD Madani Kota Palu. |