JudulPENERAPAN METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING DAN ANALISIS DISKRIMINAN DALAM MENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN INDIKATOR PENDIDIKAN |
Nama: USWATUN HASANAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan merupakan tantangan menghadapi perkembangan teknologi dan persaingan global. Namun, perbedaan kualitas pendidikan tiap daerah menjadi hambatan, sehingga diperlukan untuk mengetahui hasil cluster dan karakteristik dari tiap wilayah. Penelitian ini menggunakan Fuzzy C-Means (FCM) dan Analisis Diskriminan untuk mengelompokan 34 Provinsi di Indonesia berdasarkan indikator pendidikan. FCM memberikan nilai keanggotaan dalam bentuk derajat antara 0 dan 1 yang menunjukkan hubungan suatu data dengan setiap kelompok, kemudian dilakukan analisis diskriminan untuk memvalidasi hasil pengelompokan. Hasil penelitian membagi Provinsi menjadi 2 kategori, cluster 1 terdiri dari 16 Provinsi dengan indikator pendidikan yang tinggi dan cluster 2 terdiri dari 18 Provinsi dengan indikator pendidikan yang rendah. Validasi menggunakan analisis diskriminan dengan membagi data menjadi 4 kombinasi diperoleh hasil kombinasi dengan akurasi yang optimum adalah 60 persen data training dan 40 persen data testing sebesar 92,31 persen. Dengan perolehan hasil tersebut maka validasi menggunakan analisis diskriminan bersifat akurat. |